Surabaya - Ibu mertua Ustaz Abdul Somad (UAS) meminta menantunya menjadi imam tarawih di Musala Darussalam Perumahan Kepuh Permai Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Jombang. Hal ini agar UAS semakin dikenal para tetangga.




Setelah menikah dengan Fatimah Az Zahra Salim Barabud (19), ternyata UAS masih menginap di rumah mertuanya di Jombang. Memakai sarung, kemeja putih lengan panjang dan peci hitam, UAS menjadi imam mulai dari salat Isya, tarawih, hingga witir.


UAS menjadi imam salat tarawih di musala yang berada persis di sebelah kanan rumah mertua UAS, pasangan Salim Sholeh Barabud (52) dan Bibi Kulsum (52). Pria kelahiran Kabupaten Asahan, Sumut ini juga sempat berceramah di musala tersebut hingga pukul 20.10 WIB. Selain warga perumahan, mertua, Fatimah dan kerabat juga menjadi jemaah salat tarawih yang diimami UAS.


"Saya yang ingin anakku ngimami ben (Menjadi imam supaya) dikenal tetangga," kata Ibu Mertua UAS, Bibi Kulsum kepada wartawan di lokasi, Kamis (29/4/2021).


Baca juga: 
Diminta Mertua Jadi Imam Salat Tarawih, UAS Ceramah Tentang Nuzulul Qur'an


Sementara warga, salah satunya istri Ketua RT setempat, Yuli mengaku diberitahu Bibi Kulsum ihwal UAS menjadi imam salat tarawih di Musala Darussalam. Dirinya diminta menyebarkan kabar tersebut melalui grup WhatsApp warga setempat.


"Saya tadi disuruh ngeshare ke grup WA oleh mertuanya, mengajak warga salat tarawih mumpung ada Ustaz Abdul Somad. Sebelum besok mau ke Palembang," terang Yuli.


Yuli pun senang dengan kehadiran UAS yang selama ini hanya ditonton di televisi dan YouTube saja. "Semoga pernikahannya sakinah mawadah warahmah, langgeng sampai kakek nenek," tandasnya.


Usai tarawih, UAS sempat berceramah di Musala Darussalam. Dalam ceramahnya, dia menjelaskan berbagai keistimewaan Nuzulul Qur'an, kemuliaan Al-Qur'an, serta kiat-kiat mendapatkan berkah dari malam Lailatul Qadar.


"Nuzulul Qur'an dipilih Allah SWT menjadi malam paling mulia dalam setahun karena pada malam itu diturunkan Al-Qur'an. Malam yang biasa menjadi luar biasa karena turun Al-Qur'an," kata UAS dalam ceramahnya.


Sebelum mengakhiri ceramahnya, UAS memberi kesempatan kepada jemaah salat tarawih untuk bertanya. Tanya jawab seputar Nuzulul Qur'an, malam Lailatul Qadar dan zakat fitrah.


"Ada tanya jawab juga tentang Nuzulul Qur'an, zakat, malam Lailatul Qadar," terang Yuli.


Pernikahan UAS dan Fatimah yang didaftarkan ke KUA Peterongan 6 April lalu, rencananya akan digelar 17 Mei bulan depan. Namun, UAS memutuskan mempercepat akad nikah tersebut menjadi Rabu (28/4) pukul 16.30 WIB. Mencegah kerumunan dan jauhnya jarak dirinya dengan Jombang menjadi penyebabnya.


Baca juga: 
Doa Ibu untuk Fatimah Az Zahra yang Dinikahi Ustaz Abdul Somad


Ternyata, Fatimah dijodohkan kiainya untuk menikah dengan UAS. Ikatan suci mereka tidak memandang usia. Karena ulama berdarah melayu itu 24 tahun lebih tua dari istrinya.


Usia Fatimah baru genap 20 tahun pada 1 Oktober nanti. Fatimah merupakan anak kelima dari tujuh bersaudara pasangan Salim Sholeh Barabud (52) dan Bibi Kulsum (52). Gadis berparas cantik ini santri hafal Alquran.


Sementara Ustaz Abdul Somad kini berusia 44 tahun. Pria kelahiran Kabupaten Asahan, Sumut 18 Mei 1977 itu berstatus duda anak satu setelah bercerai dengan Mellya Juniarti pada 12 Januari 2021.


UAS tercatat sebagai warga Desa Koto Perambahan, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Riau. Pemilik nama Abdul Somad Batubara ini lulusan Universitas Al-Azhar-Mesir, Dar El Hadith El Hassania-Kerajaan Maroko, serta Universitas Islam Omdurman-Sudan.


#detikNews  #detikHot  #detikTravel  #detikJoz