Sebagian besar wanita banyak yang menyepelekan pentingnya mencuci wajah apalagi di malam hari.

Karena membersihkan wajah merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kecantikan pada kulit wajah.

Ini 5 Cara yang Benar Membersihkan Wajah Agar Bersih dan Glowing
Ilustrasi Ini 5 Cara yang Benar Membersihkan Wajah Agar Bersih dan Glowing

Karena malas mencuci wajah maka kotoran yang menempel pada wajah akan menjadi komedo yang menyumbat pori-pori sehingga memicu munculnya jerawat.

Agar kulit menjadi lebih sehat dan glowing kamu bisa lakukan beberapa cara ini untuk mencuci wajah.

1. Membersihkan Make-up

Sebelum mencuci wajah sebaiknya kamu melakukan double cleansing untuk mengangkat make-up, kotoran dan debu di permukaan kulit wajah.

2. Mengikat Rambut

Agar tidak menganggu, sebelum mencuci wajah sebaiknya mengikat rambut, selain itu menghindari berpindahnya bakteri dari rambut ke kulit wajah. Dengan begitu perawatan kamu tidak sia-sia.

3. Membersihkan Tangan Sebelum Mencuci Wajah

Selain rambut tangan juga merupakan salah satu sumber bakteri, untuk itu sebelum mencuci wajah alangkah baiknya mencuci tangan.

Agar bakteri pada tangan hilang sehingga wajah bebas dari masalah komedo.

4. Bersihkan Wajah secara Lembut

Saat mencuci wajah gunakan facial wash dengan cara lembut dan pastikan facial wash yang kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kulit.

Hindari facial wash dengan kandungan pewangi, paraben dan alkohol karena dapat membuat kulit menjadi kering.

5. Keringkan dengan Handuk Bersih

Saat mengeringkan wajah sebaiknya kamu menggunakan handuk bersih dan khusus untuk wajah. Kamu tidak boleh menggunakan handuk badan saat mengeringkan wajah, karena bakteri yang terdapat pada handuk akan membuat wajah kami menjadi kusam.

Dalam membersihkan wajah di malam hari, kamu dapat mencoba menerapkan double cleansing. Artinya, membersihkan wajah dilakukan dengan dua tahap: menggunakan cleansing oil atau micellar water, kemudian dilanjutkan dengan pembersih wajah yang lembut. Penerapan double cleansing semakin disukai banyak orang karena sabun pembersih wajah saja dirasa tidak cukup untuk membersihkan kotoran di wajah.

Jangan lupakan sunscreen

Banyak orang terlalu sibuk menggunakan produk skincare seperti toner atau serum, namun melupakan bagian yang paling penting: sunscreen atau tabir surya. Padahal, penggunaan sunscreen setiap hari sifatnya wajib untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Paparan sinar UV dapat memicu penuaan kulit, peradangan, bintik hitam, kerutan, bahkan kanker kulit. Kamu bisa mencari produk sunscreen yang memiliki SPF minimal 30. Tak lupa, pilihlah produk yang memiliki label broad spectrum atau memiliki keunggulan melindungi kulit dari UVA dan UVB sekaligus.

Walau lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, penggunaan tabir surya tetap perlu dilakukan. Selain itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang sunscreen secara berkala. Jika kamu lebih banyak berada di luar rumah, pengaplikasian ulang bisa dilakukan setiap 2 jam sekali.