TIPSDAYS.COM - Kulit kusam merupakan masalah kulit yang sering di alami oleh wanita, sehingga mereka menggunakan berbagai macam cara untuk kembali mencerahkan.

Karena terkadang menggunakan skincare saja tidak cukup, maka dari itu kamu harus tahu beberapa penyebab wajah menjadi kusam.

Kotoran, cuaca kering, angin kencang, dan paparan sinar matahari dapat memiliki efek negatif pada kulit, terutama jika tidak dilindungi. Faktor-faktor lingkungan seperti ini dapat menghilangkan kelembapan alami kulit, membuatnya terlihat kusam, kasar, dan bersisik.

1. Terjadinya Penumpukan Sel Kulit Mati
Ketika kamu tidak rutin melakukan eksfoliasi pada wajah maka akan terjadi penumpukan sel kulit mati yang akan membuat wajah kamu menjadi kusam.

Untuk itu gunakan scrub dengan kandungan AHA dan BHA untuk mencerahkan kulit.

Waspada, Ini 5 Penyebab Kulit Wajah Menjadi Kusam

2. Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari
Paparan sinar matahari dapat merusak kolagen kulit sehingga membuat tekstur warna kulit menjadi tidak rata dan kusam.

Untuk itu gunakan skincare dengan kandungan retinol dan vitamin E setiap malam untuk kolagen kulit.

3. Tubuh yang Kekurangan Nutrisi
Kondisi tubuh juga menjadi salah satu penyebab wajah menjadi kusam.

Pentingnya mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti 4 sehat 5 sempurna yaitu untuk menutrisi tubuh dari dalam.

4. Kurang Tidur
Kenapa tidur sangat berperan penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit, karena saat tidur kulit akan melakukan regenerasi dengan memperbaiki dirinya.

Sehingga dengan waktu tidur yang kurang membuat pergantian sel kulit baru tidak maksimal dan wajah menjadi lebih kusam.

5. Kulit Mengalami Dehidrasi
Saat kekurangan cairan maka kulit akan mengalami dehidrasi sehingga menyebabkan kulit menjadi kusam.

Maka dari itu pastikan kamu mengkonsumsi banyak air dalam setiap harinya untuk menghidrasi kulit dan membuat kulit kembali cerah secara alami.

Kulit kusam adalah kulit yang tidak terlihat cerah atau berseri-seri, bahkan mungkin terlihat gelap, berminyak, atau mengelupas serta bernoda.

Kulit kita terus-menerus mengeluarkan sel-sel mati, tetapi jika prosesnya tidak bekerja secara efisien, kulit bisa berubah menjadi kusam, tidak sehat, penampilan lelah yang menekankan kerutan.

Saat wajah terlihat kusam berarti ada yang tidak beres dengan kulit wajahnya. Hal ini akan membuat tampilan tidak maksimal dan akhirnya jadi kurang percaya diri.

Sel Kulit Mati

Kulit terus-menerus menumpahkan sel-sel kulit mati, yang secara alami menumpuk dari waktu ke waktu di lapisan atas kulit yang dikenal sebagai epidermis.

Penumpahan sel-sel kulit mati ini memberi jalan bagi kulit baru yang sehat dan baru dari lapisan tengah, tetapi mereka juga bisa menghalangi kulit yang cerah dan bercahaya dan menjadi penyebab kulit kusam, terkelupas, kering, dan pori-pori tersumbat.

Pengelupasan meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit Anda dengan mengelupaskan sel-sel kulit mati dan kotoran lainnya untuk mengungkapkan kulit yang lebih lembut dan halus di bawahnya.

Pengelupasan kulit sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat karena membantu mencegah pori-pori tersumbat, sehingga mengurangi jerawat. Manfaat lain dari pengelupasan kulit secara teratur adalah peningkatan efektivitas produk perawatan kulit topikal serta penerapan makeup yang lebih baik.

Salah satu cara untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu mengeluarkan pancaran sinar wajah secara alami ialah dengan menggunakan pembersih wajah yang efektif seperti SK-II Facial Treatment Gentle Cleanser. Diformulasikan dengan bahan unggulan SK-II, PITERA™, Facial Treatment Gentle Cleanser dapat mengembalikan fungsi alami kulit dan mengkondisikan kulit agr tampak cerah sebening kristal.