TIPS SEHAT - Assalamu'alaikum sehabat TipsDays.com dimanapun anda berada, jumpa lagi bersama saya dalam metode uji coba standar kelayakan air minum untuk tubuh manusia dengan menggunakan alat pengukur Total dissolved solids TDS dan pH air.

Kemarin saya sempat ada pertanyaan mengenai standar kelayakan air minum yang di wa oleh teman dengan isi wa seperti ini :

"Mau tanya kak air dirumah kadar ph nya di angka 4 dan tds nya di angka terendah 17-50 apakah aman untuk di konsumsi/di minum di angka tersebut ,mks" @Bayu

Dikutip dari situs alodokter Total dissolved solids (TDS) adalah istilah yang digunakan untuk menilai kadar garam inorganik dan kandungan organik lainnya di dalam air. Kandungan utamanya biasanya kalsium, magnesium, natrium, dan kalium kation dan karbonat, hidrogencarbonat, klorida, sulfat, dan anion nitrat.

Angka TDS menentukan rasa air minum. Sebuah panel pengecap air minum menyimpulkan rasa iar minum berkaitan dengan tingkat TDS sebagai berikut:

"Rasa sangat baik, TDS kurang dari 300 mg / liter; Baik, antara 300 dan 600 mg / liter; Cukup, antara 600 dan 900 mg / liter; Kurang, antara 900 dan 1200 mg / liter; dan tidak dapat diterima, lebih besar dari 1200 mg / liter. Air dengan konsentrasi TDS yang sangat rendah mungkin juga tidak dapat diterima karena rasanya yang hambar."

Belum ada data yang baiik yang menghubungkan antara tingkta TDS dengan kondisi kesehatan tertentu.

Hasil penelitian epidemiologi awal menunjukkan bahwa bahkan kadara TDS yang rendah dalam air minum memiliki efek menguntungkan, walaupun pada dua penelitian terbatas melaporkan hal sebaliknya. Air yang mengandung konsentrasi TDS di bawah 1000 mg / liter biasanya dapat diminum dengan aman.

Menurut badan kesehatan dunia (WHO), kadar pH yang baik untuk air minum berkisar antara 6.5-8.5, dan sumber air yang normal dapat memiliki pH yang lebih rendah.

Cek Standar Kelayakan Air Minum Menggunakan TDS dan pH Meter

Apa itu TDS dan pH, berapa standar air bersih?

Jika untuk range pH air minum yang baik dan sehat berkisar pada 6,0 – 8,5 lain halnya dengan parameter TDS yang tidak boleh melebihi 500 ppm. Hal ini dikarenakan parameter TDS juga melambangkan mineral yang terkandung di dalam air.

Apa fungsi mengukur TDS dalam air minum?

TDS Meter adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur partikel yang ada pada larutan air yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang. TDS merupakan singkatan dari Total Dissolved Solids. Alat tersebut dapat mengukur berapa jumlah partikel padat yang dapat larut dalam air pada setiap satuan ppm.

Berapa TDS di air mineral Aqua?

Sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 907/Menkes/SK/2002 tentang kualitas air minum yaitu kandungan total zat padat terlarut atau TDS maksimal 1000 ppm[1]. Air kemasan Aqua memiliki nilai dibawah 1000 ppm, ini mengindikasikan air tersebut layak untuk dikonsumsi silahkan baca dan klik Unduh file domumentasinya disini.

Berapa Standar TDS air minum?

Sebuah panel pengecap air minum menyimpulkan rasa iar minum berkaitan dengan tingkat TDS sebagai berikut: rasa sangat baik, TDS kurang dari 300 mg / liter; Baik, antara 300 dan 600 mg / liter; cukup, antara 600 dan 900 mg / liter; kurang, antara 900 dan 1200 mg / liter; dan tidak dapat diterima, lebih besar dari 1200, sumber alodokter

Apakah air dengan kadar TDS Nol itu baik atau tidak jelaskan?

Apakah Air dengan Kadar TDS Nol itu Baik? Jawabannya adalah Tidak. Sampai sekarang, masih terjadi perdebatan tentang apakah air yang memiliki kadar TDS 0 (nol) atau sama sekali tidak mempunyai kandungan mineral di dalamnya adalah yang terbaik bagi kesehatan.


Semoga informasi in berguna.
Hasil Riset Kata Kunci