Munculnya jerawat kecil seperti bruntusan pada wajah memang bukan masalah besar, akan tetapi juga dapat menganggu penampilan kamu.

Pada dasarnya bruntusan bisa kamu atasi dengan menggunakan produk skincare akan tetapi alangkah lebih baiknya kamu mencegah. Tinggalkan beberapa kebiasaan ini jika kamu ingin bebas bruntusan.

1. Melakukan Eksfoliasi dan Mencuci Wajah Terlalu Sering
Mencuci dan melakukan eksfoliasi merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan pada permukaan wajah.

Akan tetapi jika kamu lakukan terlalu sering hal itu akan berdampak buruk pada kulit seperti pori-pori yang bengkak, kulit kering dan rentan iritasi.

2. Tidak Bisa Menjaga Kebersihan
Kebiasaan menyentuh wajah, tidak mencuci sarung bantal dan alat makeup yang kotor menjadi salah satu penyebab munculnya bruntusan pada wajah.

3. Pola Makan yang Buruk

Mau Bebas Bruntusan? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan seperti junk food tidak hanya dapat merusak kesehatan akan tetapi juga dapat merusak kulit dengan munculnya bruntusan di wajah.

4. Kurang Mengkonsumsi Banyak Air
Meski sepele, namun air putih memiliki banyak khasiatnya seperti menghidrasi kulit dengan baik dan menjaga kelembaban kulit.

Jarang minum air akan membuat kulit menjadi kering, kusam dan bruntusan.

5. Stres
Saat stres akan terjadi peningkatan hormon yang dapat membuat kulit lebih banyak memproduksi sehingga kulit menjadi kusam dan bruntusan.