Pertanyaan :

Merasakan Gejala Covid Tetapi belum Melakukan Pemeriksaan

Permisi tipsdays, ijinkan saya bertanya Sebelumnya saya telah melakukan vaksinasi sinovac pada hari selasa, 6 juli 2021 efek samping yang dialami sejauh ini hanya merasa lelah kemudian pada hari jumat diminggu yang sama saya bepergian ke toko dll serta kehujanan.

Pada hari senin, 12 juli saya sudah mulai merasakan tidak enak badan seperti tenggorokan kering, pusing, dan hidung gatal (saya mengonsumsi pct).

Gejala terus berlanjut pada selasa,13 juli malam saya mengalami demam tinggi dan pilek (demam sudah mulai dari selasa siang tetapi memuncak pada malam hari) , saya minum pct lagi, pada rabu pagi demam sudah turun, tetapi masih pilek dan suara serak.

Pada kamis malam penciuman saya sudah mulai berkurang dan jumat pagi saya bener" sudah tidak dapat mencium bau lagi. Sejak hari rabu saya memutuskan untuk isolasi meskipun belum melakukan tes covid.

Gejala masih terus saya alami hingga saat ini, hanya saja penciuman sudah mulai membaik sejak hari senin, 19 juli.

Apakah saya masih perlu untuk tes covid 19 dok? Atau melakukan isolasi saja hingga 14 hari /gejala menghilang? Dan bagaimana vaksinasi kedua saya yang sudah dijadwalkan pada tanggal 3 agusts,2021.

*selama isolasi saya mengonsumsi vitamin c, dan obat seperti pct, dexa untuk menghilangkan gejala Terimakasih

JAWABAN :

Terima kasih atas pertanyaannya.

Untuk memastikan apakah itu COVID-19 atau bukan baiknya tetap melakukan pemeriksaan apakah benar terinfeksi atau tidak sehingga mendapat pengobatan yang tepat.

Namun apabila tidak melakukan pemeriksaan, tetap memerlukan isolasi selama minimal 10 hari ditambah 3 hari bebas gejala. Selain itu tetap menerapkan protokol kesehatan serta memakan-makanan bergizi. Untuk obat yang dikonsumsi dapat berkonsultasi pada dokter terutama kortikosteroid yang tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan.

Untuk vaksinasi pada penyintas COVID-19, saat ini pedoman yang digunakan yaitu menunggu 3 bulan setelah sembuh karena antibodi setelah terinfeksi masih dapat bertahan hingga berbulan-bulan, hal tersebut juga sebagai upaya untuk pemerataan vaksinasi.

Atau apabila terdapat keraguan, dapat melakukan konsultasi pada saat skrining vaksinasi.

Terima kasih, semoga membantu.